Fakultas Teknik

Fakultas Teknik Universitas Malahayati mempunyai fungsi pendidikan tinggi di bidang llmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK):

  1. Dibidang ilmu pengetahuan berperan mendidik mahasiswa agar memahami ilmu pengetahuan dan mampu mengembangkan, menyebarluaskan ilmu pengetahuan bagi kepentingan dan kesejahteraan umat manusia, perkembangan kehidupan masyarakat serta pembangunan bangsa Indonesia.
  2. Dibidang Teknologi mendidik dan memotivasi mahasiswa agar dapat menerapkan ilmu pengetahuan dalam proses perkembangan kebudayaan masyarakat dan bangsa Indonesia di samping mampu menstimulasi perkembangan kebudayaan dalam penciptaan, gagasan, produk teknologi dalam rangka ”pola teknologi rekayasa” yang sesuai dengan falsafah negara, pancasila dan UUD 1945. Sesuai dengan SK Mendibud No. 0218/1995, tujuan Program Sarjana Ilmu Teknik adalah untuk menghasilkan warga negara yang:
  3. Memiliki integritas kepribadian yang tinggi sebagai Sarjana Ilmu Teknik
  4. Memiliki kepemimpinan dan penumbuhan rasa etika professional
  5. Memiliki kemampuan bekerja atau meneruskan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi setelah menyelesaikan pendidikan sarjana Ilmu Teknik.
  6. Mampu menghadapi situasi yang baru dalam profesinya sebagai sarjana teknik yangberdasarkan prinsip fundamental secara mandiri disertai percaya diri dan pertimbangan yang mantap.
  7. Mempunyai motivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara intelektual, sosial dan cultural
  8. Mampu menyelesaikan masalah dengan menerapkan prinsif dasar dalam teknik dan pemikiran analitik yang tertib sewaktu merumuskan masalah, menyederhanakan masalah tanpa kehilangan sifat khususnya.
  9. Penyelenggaraan kegiatan untuk mencapai tujuan Untuk mengembangkan strategi pendidikan yang baik maka fakultas teknik mengikuti ketentuan yang berlaku dan ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional, terutama mengenai Strata, Penataan Fakultas, tata cara penetapan Kurikulum serta Sistem Kredit Semester yang telah ditetapkan dan mengambil perbandingan pada perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia di samping memperhatikan juga perkembangan dunia pendidikan Internasional.

Para lulusan (Alumni) Fakultas Teknik Universitas Malahayati Program Studi Strata I berpredikat Sarjana Teknik, diharapkan :

  1. Sikap selalu mencari solusi terbaik bagi permasalahan Ilmu pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang ditinjau secara ilmiah.
  2. Memiliki pengetahuan “menemu-kenali” serta mencari solusi permasalahan ‘sistem real’ melalui analisis dan perancangan system konkrit dan utuh.
  3. Memiliki keterampilan merancang dan menganalisis berdasarkan perekayasaan (Engineering), membangun konstruksi, menginstalisasikan secara terpadu setiap unsur manusia, bahan, peralatan, energi dan informasi dalam konteks pembangunan berwawasan lingkungan dan berkesinambungan.