Magister Kesehatan Masyarakat

 

 

 

Pasca Sarjana Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung berdiri sejak 2009 dengan SK Ijin DIKTI nomor: 623/D/T/2009.

VISI

Menjadi pusat pengembangan ilmu kesehatan Masyarakat, dan pengembangan sumber daya manusia yang professional dan beretika.

MISI

  1. Melaksanakan proses pendidikan yang excellence, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
  2. Membangun sumber daya manusia yang beretika dan professional, dan mengembangkan atmosfir akademik yang kondusif dan dinamis.
  3. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak.

Program Studi Magister Kesehatan Masyarakat mempunyai beberapa peminatan yaitu :

1. Manajemen Pelayanan Kesehatan (Manajemen Rumah Sakit)

Peminatan Manajemen Pelayanan Kesehatan memperkenalkan konsep pendekatan dalam pengembangan wawasan keputusan startegis di organisasi pelayanan kesehatan. Program ini menyiapkan pemimpin dan manajer yang mampu menciptakan status kesehatan masyarakat melalui pendekatan administrasi dan kebijakan kesehatan serta manajemen pelayanan kesehatan dimasyarakat.

2. Perilaku dan Promosi Kesehatan

Peminatan Perilaku dan Promosi Kesehatan diarahkan pada pemahaman yang mendalam tentang promosi kesehatan untuk perubahan perilaku menuju hidup hidup sehat yang berkualitas. Progam ini menyiapkan promotor dalam bidang kesehatan dengan strategi pendidikan kesehatan, implementasi perilaku dan pemberdayaan masyarakat dibidang kesehatan.

3. Epidemiologi

Peminatan Epidemiologi diarahkan kepada mereka yang berkeinginan untuk meneliti sebab akibat terjadinya penyakit di masyarakat. Untuk meneliti hubungan kompleks ini, seorang epidemiolog melakukan banyak eksperimen dan kajian di masyarakat. Lulusan pada peminatan ini diharapkan mampu bekerja secara mandiri untuk mengidentifikasi, memprioritaskan dan merencanakan program penanggulangan masalah kesehatan serta mampu menilai keberhasilan progam kesehatan masyarakat yang ada. Sehingga ketersediaan informasi informasi dapat memberikan saran untuk para pembuat keputusan baik ditingkat pusat maupun daerah.

4. Kesehatan Reproduksi /KIA

Peminatan Kesehatan Reproduksi /KIA sebagai upaya dalam peningkatan derajat kesehatan dan perbaikan status kesehatan ibu dan anak serta kesehatan  reproduksinya. Peminatan ini membantu meningkatkan pengetahuan tentang masalah kesehatan reproduksi dan seksual, kesehatan ibu dan anak, kesehatan keluarga, keluarga berencana dan kependudukan.

5. Biostatiska

Peminatan Biostatistika adalah bagian penting dari multidisiplin ilmu kesehatan masyarakat. Peminatan ini diarahkan kepada mereka yang berkeinginan untuk mengembangkan teori dan skill dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat yang difokuskan pada kemampuan analisis dan komunikasi data kesehatan masyarakat baik yang terdapat di pemerintahan maupun dimasyarakat.

6. Kesehatan Olah Raga

Peminatan kesehatan olah raga diperuntukkan bagi petugas dan para  guru olah raga untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dalam pelayanan kesehatan dasar (Puskesmas), tingakat pelayanan kesehatan rujukan (Balai Kesehatan Olah Raga Masyarakat (BKOM),
Rumah Sakit, dan Institusi pendidikan sehingga dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat agar masyarakat terhindar dari berbagai penyakit tidak menular dan dapat meningkatkan derajat kesehatan, kebugaran serta produktifitas kerja masyarakat.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Malahayati Bandar Lampung juga memiliki Jurnal Kesehatan yang bernama Holistik yang telah mimiliki ISSN dan terbit setiap 6 bulan. Pengelolaan dan penerbitan jurnal ini di bidangi oleh Kepala bidang litbang dan dibantu oleh pihak dekanat. Jurnal ini memfasilitasi bagi mahasiswa, dosen dan peneliti di bidang kesehatan untuk dapat mempublikasikan hasil penelitiannya.

Penelitian yang dilakukan oleh dosen FKM dibagi dalam 2 hal yaitu penelitian intern dan penelitian ekstern. Penelitian intern adalah penelitian dengan dana dari dalam universitas melalui LPPM (Puslit), sedangkan penelitian ekstern merupakan penelitian yang diarahkan untuk mendapatkan dana dari luar universitas misalnya dari PEMDA, DIKTI, DIPA Kopertis wilayah II, dan lembaga lain. Seringkali penelitian yang dilakukan oleh dosen dilakukan secara bersama-sama karena sumberdaya manusia dan materi yang dikerjakan harus saling mengcover.

 

 

 



Agenda / Kegiatan